Konstruksi mesin mobil secara garis
besar dibagi dalam dua bagian utama, yaitu :
- Komponen yang tidak dapat bergerak. Seperti :
a.
Kepala
silinder (Cylinder head)
b.
Blok
silinder (Cylinder block)
c.
Bak
oli (Carter)
- Komponen yang dapat bergerak, seperti :
a.
Torak
/seher (Piston) dan kelengkapanya
b.
Poros
engkol (crank shaft)
c.
Poros
bubungan (cam shaft)
d.
Mekanisme
katup (valve mecanisme)
e.
Gigi
timing (Timing gear)
f.
Roda
penerus (Fly wheel
KONSTRUKSI MESIN
A. Konstruksi
Kepala silinder
Nama-nama komponen :
1.
Cylinder
head cover
2.
Gasket
3.
Camshaft
sprocket
4.
Camshaft
5.
Seal
6.
Cylinder
head
7.
Spark
plug
8.
Collets
9.
Retainer
|
10. Valve spring
11. Spring seat
12. Valve seal
13. Exhaust valve
14. Intake valve
15. Coolant outlet
16. Camshaft bearing
17. Rocker assembly
|
Nama-nama komponen :
1.
Intake valve
2.
Valve spring retainer lock
3.
Oil seal
4. Spark
plug
5. Adjusting
shim
6. Valve
lifter
7. Valve
spring
8. Valve
guide
9. Intake
manifold
10. Exhaust
manifold
11. Combustion
chamber
12. Gasket
13. Water
jacket
14. Exhaust
valve
Nama-nama komponen
1.
Rocker arm
2.
Valve spring
3.
Valve
4.
Push rod
5.
Valve lifter
6. Camshaft
B. Konstruksi Blok Mesin
Nama-nama komponen
1. Ring
piston
2. Piston
& piston pin
3. Engine
block
4. Camshaft
5. Camshaft
gear / camshaft sprocket
6. Timing
chain
7. Camshaft
bushing
8. Crankshaft
9. Crankshaft
gear
10. Main
bearing
11. Connecting
rod bearing
12. 1st
Main bearing cap
C. Piston dan kelengkapanya
|
13. Connecting
rod cap
14. Nut
15. Main
bearing cap
16. 5th
main bearing cap
17. Thrust
washer / thrust bearing
18. Pilot
bearing
19. Cooling
driened plug
20. Cooling
driened plug
21. Main
bearing
22. Bolt
23. Connecting
rod
24. Lock
pin
|
Nama-nama
komponen
1.
Piston ring
2.
Piston
3.
Small end
4.
Piston pin
5.
Connecting rod
6.
Connecting rod bearing
7.
Connecting rod journal
8. Connecting
rod cap
D. Poros Engkol (crankshaft)
Fungsi Komponen-komponen Mesin
1. Blok Silinder (Cylinder Block)
Fungsi
: Sebagai tempat untuk menghasilkan energi panas dari proses
pembakaran
2. Torak (Piston)
Fungsi
: memindahkan tenaga
yang diperoleh dari pembakaran ke poros engkol (crank shaft) melalui batang
piston (connecting rod)
3. Cincin Torak (Ring Piston)
Fungsi : -
Mencegah kebocoran gas saat langkah kompressi dan usaha
- Mencegah
oli masuk keruang bakar
-
Memindahkan panas dari piston ke dinding silinder
4. Batang Torak (Connecting Rod)
Fungsi :
Menerima tenaga dari piston yang diperoleh dari pembakaran dan
meneruskannya ke poros engkol (crank shaft)
5. Poros Engkol (Crankshaft)
Fungsi :
Merubah gerak turun naik piston menjadi gerak putar yang akhirnya
menggerakkan roda-roda
6. Bantalan (Bearing)
Fungsi : Mencegah keausan dan mengurangi gesekan
pada poros engkol (crank shaft)
7. Roda Penerus (Flywheel)
Fungsi :
Menyimpan tenaga putar (inertia) yang dihasilkan pada langkah usaha, agar poros
engkol (crank shaft) tetap berputar terus pada langkah lain nya
8. Katup (Valve)
Fungsi :
Membuka dan menutup saluran masuk dan saluran buang
9. Pegas Katup (Valve Spring)
Fungsi : Mengembalikan katup pada kedudukan/posisi
semula
10. Tuas Katup (Rocker arm)
Fungsi
: Menekan katup-katup sehingga dapat
membuka
11. Batang penumbuk (Push rod)
Fungsi :
Meneruskan gerak lifter ke rocker arm
12. Penumbuk katup (Valve Lifter)
Fungsi
: Memindahkan gerak cam shaft ke
rocker arm melalui push rod
13. Poros Bubungan (Camshaft)
Fungsi :
Membuka dan menutup katup sesuai timming yang ditentukan
14. Karter (Oil Pan)
Fungsi :
Menampung oli untuk pelumasan
15. Piston Pin
Fungsi : Menghubungkan
piston dengan connecting rod melalui lubang bushing
16. Bantalan Luncur Aksial (Thrust Washer)
Fungsi :
Menahan poros engkol (crank shaft) agar tidak bergerak maju-mundur
17. Timing Chain / Timing Belt
Fungsi
: Menghubungkan gerakan putar
poros engkol (crank shaft) ke poros cam shaft
18. Kepala Silinder (Cylinder Head)
Fungsi :
Menempatkan mekanisme katup, ruang bakar dan juga sebagai tutup silinder
19. Dudukan Katup (Valve Seat).
Fungsi :
Merapatkan (mencegah kebocoran) pada saat katup menutup
ISTILAH-ISTILAH OTOMOTIF
1.
Compression Ratio
: Jumlah
volume ruang bakar dan volume silinder dibagi dengan volume ruang bakar
2. Top Dead Center (TDC) / TMA : Posisi
paling atas piston ketika bergerak naik
3. Combustion Chamber : Ruang bakar
4. Bore : Diameter silinder
5. Displacement : Volume total
silinder
6. Bottom
Dead Center (BDC) : Posisi paling
bawah piston ketika bergerak turun
7. In Line engine : Silinder
disusun dalam satu garis
8. V type Engine : Silinder
disusun dalam dua garis yang membentuk sudut “V”
9. Boxer type engine : Silinder
disusun dalam dua garis mendatar yang berlawanan arah
10. OHV
: Over head Valve
11. OHC
: Over head Cam shaft
12.
SOHC : Single over head Cam shaft
13. DOHC
: Doble over head Cam shaft
14. Vanos
: Variabel Nokkenwelle steurung
15. Four Valve Technologi :
Mekanisme katup menggunakan multi valve (4 valve)
16. Four Wheel Drive (4WD) : Kendaraan
yang ke empat rodanya dapat digunakan sebagai tenaga penggerak
- API (American Petroleum- Institute) : Standard yang menentukan kwalitas oli
- SAE (Society of Automotive-- Engineers) : Angka indek yang menunjukan keken talan oli
- CBU : Completely Built Up
- CKD : Completely Knock Down
- CO : Carbon Monoksida
- l : Lambda
- HC : Hidro Carbon
- DOT : Departement of transportation
- Four Wheel Steering (4WS) : sistem kemudi yang ke-4 rodanya dapat berbelok.
- Angka Octane : Angka yang menunjukan kemampuan bertahan bahan bakar bensin terhadap Knocking
- Knocking : Waktu pembakaran tertunda yang panjang, dan tekanan kompresi tinggi sekali yang mengakibatkan putaran mesin kasar
- Angka Cetane : Angka yang mengontrol bahan bakar solar dalam kemampuan pencegah terjadinya knocking
- RHD : Right Hand Drive, kemudi terletak di sebelah kanan.
- RON : Research Octane Number, cara untuk mengetahui angka oktan.
Demikianlah secara garis besar komponen-komponen mesin
mobil, semoga dapat bermanfaat.
Caesars Entertainment to pay $3 million to settle allegations of
BalasHapusThe casino will pay a in 창원 출장샵 the wake of 안산 출장안마 its Las Vegas gambling revenue, as the Supreme 서귀포 출장안마 Court cleared 군산 출장마사지 the way 용인 출장샵 for the